Radius: Off
Radius:
km Set radius for geolocation
Search

EH Bogor Sampaikan Pesan Beli Yang Baik Melalui Seni Mural

EH Bogor Sampaikan Pesan Beli Yang Baik Melalui Seni Mural
Kabar Komunitas Komunitas Lingkungan

Setelah rangkaian #BeliYangBaik sebelumnya yaitu “Bogor Green Camp” selesai dan sukses. Kali ini, Jagoan Earth Hour Bogor melaksanakan kegiatan mural dengan konsep yang berbeda. Acara ini bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan Nasional, yang menjadikan suasana di Taman Ekspresi pada hari Sabtu, 10 November 2018.

 

Beli Yang Baik atau yang biasa di singkat dengan BYB merupakan kampanye yang sudah digerakkan sejak 2015 yang di inisiasi oleh WWF Indonesia. Institute Climate Iniative dan Pemerintah Negara Jerman melalui WWF Jerman menginisiasi dan mengelola program untuk implementasi SCP di ASEAN khususnya pada 3 negara yakni Indonesia, Thailand dan Filipina. Program tersebut dinamakan SCP-TIP, yang berafiliasi dengan 10 Years Framework Program (10YFP) – Sustainable Food Systems Programme dari UNEP.

 

Ketua Pelaksana acara Mural Collaboraction Ahmad Yudhi Ryanto berharap agar 6 poin Beli yang Baik dapat tersampaikan dengan baik ke semua komunitas yang mengikuti Mural Collaboraction ini. Semoga aksi dari Beli yang Baik ini semua masyarakat agar sadar pentingnya menjaga lingkungan.

 

“Dengan adanya kegiatan ini semoga pesan Beli yang Baik untuk masyarakat khususnya mahasiswa tersampaikan dengan adanya media live mural. Tersampaikannya 6 poin Beli yang Baik pada acara Mural Collaboraction ini pun menyesuaikan dengan Beli Yang Perlu, Beli Yang Alami, Beli Yang Ekolabel, Beli Yang Lokal, Beli Yang Awet dan Mau Dibawa Kemana. Karena tujuan acara ini dari semua 6 poin Beli yang Baik tersebut dapat tersampaikan lewat sebuah mural. Yuk saatnya untuk beralih pada produk yang ramah lingkungan, yang baik untuk kita dan baik untuk bumi,” kata Yudhi.

 

Kegiatan yang mengusung tema Public Invasion with “Mural CollaborAction” ini diikuti oleh mahasiswa dan komunitas mural yang berdomisili di Bogor. Ada 6 komunitas yang berpartisipasi pada acara ini, yaitu Bogor Doodle, Rain City Strike, Departemen Seni Rupa UKM Seni dan Budaya Universitas Pakuan Bogor, Barudak Selakopi, Bogor Graphic Designers, dan Gerakan Seni Rupa Bogor. Seni mural sebenarnya sudah ada sejak jaman dahulu kala. Bahkan jika ditilik dari sejarah mural, mural sudah ada sejak 31.500 tahun yang lalu tepatnya pada masa prasejarah.

 

Selain mural, kegiatan ini juga diisi dengan berbagai acara seperti musikalisasi puisi, live acoustic, quiz dan fun games. Kegiatan yang dilaksankan di Taman Ekspresi ini pun terbuka untuk umum.

 

Penulis : Rado Aurino Trimulyana
Editor : Robby Firliandoko
Dokumentasi : EH Bogor

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked