Radius: Off
Radius:
km Set radius for geolocation
Search

Faktabahasa Bogor Kolaborasi dengan RMP Ajar Anak-anak Desa Mongol Bahasa Asing

Faktabahasa Bogor Kolaborasi dengan RMP Ajar Anak-anak Desa Mongol Bahasa Asing
Kabar Komunitas Komunitas Literasi

Faktabahasa (Faba) Bogor yang merupakan komunitas pendidikan dan literasi kembali menggelar kegiatan bertajuk Mengajar Sosial, pada hari Sabtu (20/10/2018). Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara Faba Bogor dengan komunitas Rumah Merah Putih (RMP) dengan mengajar bahasa Inggris untuk anak – anak di Desa Mongol, Bogor Tengah, Kota Bogor.

 

Mengajar Sosial merupakan agenda tahunan dimana para anggota serta tutor dari Faktabahasa datang untuk membantu pendidikan di tempat – tempat yang membutuhkan. Kegiatan ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada anak – anak dalam belajar bahasa asing, terutama bahasa inggris.

 

“Semoga kegiatan mengajar sosial ini dapat bermanfaat dan mendorong adik-adik di Desa Mongol untuk semangat belajar bahasa asing,” ucap Ketua elaksana dan divisi eksternal Faktabahasa Bogor Hapsari.

 

Dalam kegiatan seluruh adik asuh RMP dibagi ke dalam tiga kelompok belajar yang disesuaikan dengan usia dan kebutuhan mereka. Materi dasar yang diberikan seperti huruf dan angka untuk anak – anak yang berumur dibawah 8 tahun, sampai dengan tambahan kosa kata dan kalimat yang lebih sulit untuk mereka yang umurnya diatas 10 tahun, diajarkan dengan berbagai kegiatan interaktif seperti bermain dan bercerita agar menarik untuk dipelajari.

 

Antusiasme adik asuh RMP untuk mengikuti pelajaran pun sangat terlihat melalui keaktifan mereka menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh tutor dan para pendamping. “Seneng banget bisa mengajar di sini, apalagi antusias anak – anaknya untuk belajar tinggi dan mau mengikuti pelajaran dengan baik,” kata salah seorang tutor Anggia.

 

 

Selesai pembelajaran, anak – anak kembali dikumpulkan untuk pemberian bingkisan yang telah  disiapkan. Beberapa anak yang aktif di kelas pun dipanggil untuk menerima hadiah tambahan sebagai bentuk apresiasi. Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat dari Faktabahasa Bogor untuk Rumah Merah Putih serta foto bersama.

 

 

 

“Kami sangat berterima kasih kepada Faktabahasa Bogor karena sudah mau berkolaborasi dengan Rumah Merah Putih. Semoga ke depannya bisa terjalin hubungan kerja sama yang baik,” terang Ketua Rumah Merah Putih Manis.

 

 

Setelah kegiatan Mengajar Sosial, Faktabahasa Bogor memiliki beberapa agenda penting lainnya dalam waktu dekat ini, di antaranya pembukaan pendaftaran untuk anggota baru di bulan November dan juga kegiatan open class di mana Faktabahasa Bogor membuka kesempatan bagi mereka yang ingin mencoba belajar bahasa dalam 1 hari.

 

 

Penulis: Maria Navaz

Editor: Robby Firliandoko

Foto: Dokumentasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked