Forum For Indonesia atau sering dikenal dengan FFI merupakan kelompok yang mewadai pemuda untuk bergerak aktif dalam pembangunan masyarakat serta menjadi komunitas independen. Pusat kantor FFI sendiri terletak di Jalan LPP 1F Balapan, Yogyakarta. FFI sendiri berdiri di beberapa kota seperti Surabaya, Purbalingga, Semarang, Yogyakarta, dan Bogor. FFI Bogor sendiri terbentuk pada tanggal 22 Februari 2012.

 

FFI chapter Bogor memiliki visi menjadi forum pemuda atau pemudi Indonesia yang turut berpartisipasi dalam pembangunan dan kemajuan bangsa dengan tekad, semangat, dan sinergitas bersama menciptakan pemuda dan pemudi yang aktif dan peduli dengan lingkungan dan sesamanya. Mimpi yang ingin diraih oleh FFI Chapter Bogor sendiri dari awal terbentuknya adalah ingin meningkatkan partisipasi masyarakat untuk pembangunan berkelanjutan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian dan partisipasi dalam pemberdayaan masyarakat, mewujudkan FFI Chapter Bogor sebagai organisasi kepemudaan yang secara mandiri, serta mewujudkan FFI Chapter Bogor sebagai organisasi yang sinergis dan berasaskan pada kekeluargaan.

FFI Chapter Bogor lebih fokus terhadap kegiatan kepemudaan desa binaan. Kepengurusan tahun 2017/2018 ini FFI Chapter Bogor lebih terfokus dengan kegiatan kependidikan karakter yang diajarkan dengan materi melalui permainan anak dan kebiasaan yang dilakukan oleh anak. Desa binaan FFI Chapter Bogor terletak di Desa Cihideung Udik Kecamatan Ciampea Bogor. Diary menjadi salah satu identitas kepengurusan FFI Chapter Bogor 2017/2018, melalui diary yang terbuat dari kertas bekas yang dapat digunakan kembali menjadi konsen pengurus FFI Chapter Bogor untuk melatih sahabat kecil taman baca desa binaan mengetahui bermanfaatan kertas bekas dan melatih untuk bisa menceritakan kegiatan yang telah dilakukan melalui tulisan.

 

Sahabat kecil merupakan sebutan bagi adik-adik di desa Cihideung Udik yang bergabung dengan segala kegiatan di taman baca FFI. Kegiatan FFI dilakukan setiap hari minggu dengan penyampaian dan aksi dari pendidikan karakter untuk anak. Selain anak-anak kegiatan FFI juga melibatkan masyarakat Cihideung Udik.

Bogor Ngariung sebagai wadah perkumpulan komunitas yang berada di kabupaten maupun kota Bogor juga membawa peran penting terhadap keberlangsungan berdirinya FFI. Bogor Ngariung mampu mewadahi komunitas yang berada di kabupaten maupun kota Bogor untuk bisa saling bekerjasama dan saling berdiskusi dalam menjalankan kegiatan. Kegiatan yang sering dilaksanakan Bogor Ngariung adalah ngariung bareng komunitas untuk mendiskusikan penting nya, dan saran kegiatan untuk Bogor Ngariung secara keseluruhan.

 

Selain ngariung bareng komunitas kegiatan yang sering dilaksanakan adalah hujan komunitas, hujan komunitas sendiri dilakukan untuk memperkenalkan semua komunitas yang bergabung dengan bogor ngariung kepada masyarakat Bogor.

 

Tepat tanggal 8 maret 2018 Bogor Ngariung sebagai wadah perkumpulan komunitas berusia 4 tahun berdiri, 22 Februari 2018 yang lalu FFI juga berusia 6 tahun. 6 tahun berdirinya FFI penuh dukungan Bogor Ngariung dalam pencapaian tujuan pertahunnya setelah FFI bergabung dengan Bogor Ngariung.

 

Berada di bogor ngariung menjadikan FFI dapat bertukar informasi dan berdiskusi dengan komunitas sebidang dengan FFI. Harapan FFI untuk Bogor Ngariung sendiri agar Bogor Ngariung tetap bisa menginspirasi untuk yang lain, menjadi rumah untuk komunitas komunitas se-Bogor untuk berkumpul dan berdiskusi serta bogor ngariung dapat menadakan kegiatan-kegiatan yang lebih banyak lagi dengan melibatkan seluruh komunitas yang bergabung dengan bogor ngariung dalam kegiatan peningkatan pembangunan baik kabupaten maupun kota Bogor.

 

Selamat Ulang Tahun kami haturkan untuk Bogor Ngariung.

 

Ditulis oleh:

Putri Fajar atau Pujar dari Forum For Indonesia Chapter Bogor