Salah satu komunitas bidang pendidikan dan literasi yang tergabung ke dalam Bogor Ngariung, Faktabahasa Bogor, kembali selenggarakan internalisasi calon anggota baru pada Minggu (5/1/2020). Kegiatan yang diberi tajuk “Beyond the Languange Barrier” ini dilaksanakan di Aula Sri Baduga, Balaikota Bogor dengan diikuti hampir 100 orang peserta.

Kegiatan internalisasi ini merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan sebagai sarana untuk memperkenalkan lebih dalam Faktabahasa Bogor kepada para calon anggota baru yang sebelumnya telah mengikuti open recruitmen. Ketua pelaksana kegiatan Milli Rodiah mengatakan, kegiatan internalisasi sudah sejak jauh hari dipersiapkan dalam menyambut calon anggota baru.

“Sebelum acara internalisasi ini kami mengadakan oprec, yang mana selanjutnya kami kumpulkan dan kami arahkan untuk mengikuti kegiatan pada hari ini agar para calon anggota baru dapat lebih mengenal apa sih itu Faktabahasa Bogor dan bagaimana kegiatannya,” tuturnya dalam sesi wawancara.

Milli juga menambahkan, sesuai dengan tagline Faktabahasa Bogor, Muda dan Mendunia, para calon anggota baru diharapkan dapat membuka wawasan dan melampaui batasan dalam belajar, terutama dalam belajar bahasa. Tak hanya itu, Milli berharap pemuda-pemudi di Bogor dapat menularkan semangat belajar maupun berbagi dengan menyalurkan minat dan hobi ke hal yang positif.

“Kami berharap teman-teman calon anggota baru Faktabahasa Bogor bisa menguasai bahasa yang diinginkan dengan belajar bersama-sama disini tanpa melihat batasan. Lebih dari itu kami berharap para pemuda-pemudi dapat menyalurkan minat ke hal-hal yang positif dengan belajar baik itu melalui Faktabahasa Bogor atau komunitas-komunitas lainnya di Bogor,” tambahnya.

Tahun ini terdapat 6 club bahasa yang disediakan oleh Faktabahasa Bogor, diantaranya Club bahasa Jepang, bahasa Prancis, bahasa Inggris, bahasa Mandarin, bahasa Thailand, serta satu bahasa lokal yakni bahasa Minangkabau. Pada sesi pengenalan club bahasa tersebut, para tutor mempresentasikan masing-masing club dengan didahului video penghantar gambaran negara. Terdapat juga sesi coaching clinic yang memfasilitasi para peserta untuk dapat bertanya dan berkonsultasi langsung kepada tutor.

Deden Jaenudin, salah satu peserta menuturkan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman dan mempererat silaturahmi antar sesama anggota baru Faktabahasa Bogor. Terlebih belum sepenuhnya para calon anggota baru tersebut paham perihal program dan kegiatan yang akan diikuti.

“Dari kegiatan ini yang jelas nambah ilmu dan wawasan serta relasi. Kita diajak berkenalan satu sama lain dan juga mengenali program dan kegiatan apa saja yang akan diadakan. Selain itu, penting rasanya kita mengetahui apa saja kelas yang akan diikuti, khususnya mengetahui jadwal kelasnya itu sendiri,” katanya yang juga merupakan guru bahasa Inggris pada salah satu sekolah di Bogor.

Selain Perkenalan, pada kegiatan internalisasi ini juga diadakan games yang diikuti seluruh peserta yang sudah terbagi ke dalam 10 kelompok bernamakan mata uang dari berbagai negara. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan pemberian hadiah kepada King and Queen terpilih, Best Tutor, Best Pupil, yel-yel terunik, serta kelompok terkaya dan termiskin internalisasi 2020.

Penulis : Acep Muhamad Rusman
Foto : Dokumentasi

%d bloggers like this: