Perubahan akan semakin berdampak besar bila dilakukan bersama-sama, itulah sebuah kalimat yang menjadi ruh dari komunitas dan organisasi yang tergabung di Bogor Ngariung untuk memperingati Hari Komunitas Nasional yang jatuh pada tanggal 28 september 2016 dengan menggelar aksi bersama untuk Garut. Aksi penggalangan dana dan penampilan dari beberapa komunitas dan organisasi digelar tanggal 2 oktober 2016, pada saat car free day di halaman Museum Peta.

Rasa empati kini sedang menyelimuti hampir setiap individu di Indonesia dan sekitarnya atas musibah yang terjadi di Garut, tak terkecuali masyarakat Bogor yang merupakan saudara satu provinsi dengan Garut. Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat Bogor untuk mengungkapkan rasa empatinya kepada masyarakat Garut, salah satu kegiatan tersebut datang dari komunitas dan organisasi di Bogor yang melakukan penggalangan dana dengan mengadakan kegiatan di hari tanpa kendaraan (car free day) Jalan Sudirman. Kegiatan penggalangan dana yang diikuti oleh 24 komunitas dan organisasi ini diselenggarakan di halaman Museum Peta. Kegiatan ini diramaikan oleh beragam aksi komunitas, dari mulai penampilan sulap, dongeng kejutan, kungfuisasi puisi, lapak baca, beat box, gerakan membuat artikel, gerakan pungut sampah dan juga penggalangan dana tentunya. “Alhamdulillah Aksi Bersama kali ini berjalan lancar dan diikuti oleh 24 komunitas.” Ucap syukur dari Fitri Fauzia selaku koordinator peserta Aksi Bersama Komunitas Bogor untuk Garut.

Penggalangan dana yang terkumpul pada Aksi Bersama sangat memuaskan, berupa sembako seperti beras, mie instan, selimut, dan juga pengumpulan dana berupa uang sebesar Rp. 3.559.000, dan untuk menjembatani masyarakat yang belum menyumbang, penggalangan dana akan terus dilakukan sampai hari kamis nanti. Hal tersebut dijelaskan oleh Irwan Setiadi selaku koordinator penggalangan dana. “Terima kasih kepada seluruh komunitas yang sudah bekerja sama, terima kasih juga kepada seluruh masyarakat dan sebagai informasi, penggalangan dana ini akan kami lanjutkan hingga kamis nanti.” Penjelasan Irwan yang juga aktif di komunitas Chapter Bogor.

Aksi bersama ini merupakan kegiatan untuk memperingati Hari Komunitas Nasional yang jatuh pada tanggal 28 september, namun di Bogor untuk memperingatinya dilakukan pada tanggal 2 oktober dengan mengadakan Aksi Bersama untuk Garut. Kegiatan ini bukan hanya kumpul-kumpul saja, namun ada penampilan komunitas, aksi dari komunitas dan penggalangan dana. Penggalangan dana ini dilakukan untuk Garut dan akan dikirimkan kepada saudara-saudara kita di Garut pada tanggal 5 oktober 2016, begitu penjelasan dari Irwan Setiadi dari Chapter Bogor selaku Koordinator Penggalangan Dana. “Hasil penggalangan ini akan langsung diberikan ke Garut.” Hal tersebut diungkapkan oleh Irwan Setiadi

Kegiatan aksi bersama yang diselenggarakan di halaman Museum Peta, dari pukul 06.00 -10.00 WIB ini adalah kegiatan kolaboraksi dari berbagai komunitas, adapun komunitas yang ikut serta adalah: Bogor Magician Community, Bogor Beat Box, AICT, Komunitas Dongeng Kota Hujan, Urban Sakola, Bogor Clean Action, Moka Kota Bogor, Perhumas Muda Bogor, Arteri, Kaldera Sunda, Gebu Cinta, Chapter Bogor, BPI Chapter Bogor, Pusmi Bergerak, Berkawan ID, Sosial Community, Ospek, FFI, Iyoin, Wabe Project, Kalam, Puzzle Summit, Bogor Main Board Game dan Sahabat Kepik. Banyak komunitas yang hadir membawa harapan agar Komunitas Bogor semakin kompak, hal tersebut diungkapkan oleh Syaeful Bahri selaku Koordinator Acara Aksi Bersama Komunitas Bogor untuk Garut. “Alhamdulillah kegiatan hari ini diikuti oleh 24 komunitas, harapannya agar hal ini dapat membuat Komunitas Bogor semakin kompak untuk berkontribusi pada Bogor dan sekitarnya” Harapan dari Syaeful Bahri yang juga merupakan Koordinator Online Bogor Ngariung.

Bogor Ngariung adalah wadah komunitas dan organisasi pegiat perubahan di Kota dan Kabupaten Bogor yang bergerak melalui bidang pendidikan, lingkungan, sejarah, sosial, seni, media dan olaraga. Bogor Ngariung berdiri sejak tanggal 8 Maret 2014 dan sekarang sudah mewadahi 92 komunitas.