Sejak diikrarkan pada Sumpah Pemuda 93 tahun yang lalu, seolah menjadi efek magis bagi kiprah pemuda di masa selanjutnya. Kita tahu peran pemuda yang begitu signifikan dalam mengusir penjajah hingga meraih kemerdekaan. Sosok Soekarno, Hatta, Hamka sebagai salah satu dari banyak pemuda saat itu yang menolak tunduk dengan keadaan dan bangkit untuk suatu perubahan. Perubahan-perubahan tersebut bukan tercipta begitu saja, tetapi dapat dicapai dengan sebuah pengorbanan lewat aksi nyata para aktornya seperti Soekarno lewat pidatonya, Hatta dengan bukunya, Hamka dengan ceramahnya serta masih banyak aksi nyata yang dilakukan oleh para founder bangsa.

Melalui serial Ngosip (Ngobrol Asik dan Produktif), Bogor Ngariung sebagai inisiator perubahan, kita dapat menyaksikan warisan energi pemuda menuju perubahan dari para pendahulu bangsa melalui IYOIN Local Chapter Bogor. Yap, Indonesian Youth Opportunity In International Networking Local Chapter Bogor merupakan wadah pemuda perubahan dengan empat pilar utama yaitu Pendidikan, Sosial, Kepemudaan, serta International Networking. Menurut Lukman Hakim, sebagai Executive Director IYOIN Local Chapter Bogor, dalam serial Ngosip Bogor Ngariung menjelaskan bahwa IYOIN memiliki ruang lingkup nasional dan Bogor sebagai salah satu area cabang dari IYOIN. “IYOIN memiliki 14 cabang area di Indonesia dan salah satunya kami di Bogor.”

Dalam beraksi, IYOIN Local Chapter Bogor memiliki orientasi mulia yaitu mengedukasi masyarakat. Salah satu bentuk nyata implementasi orientasi tersebut adalah project sosial menanggulangi permasalahan sampah di Rumpin, Kabupaten Bogor. Project ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sampah dimana terdapat satu daerah bantaran sungai yang tertumpuk sampah dalam jumlah banyak. Dengan melakukan kajian mendalam selama beberapa waktu para pemuda-pemuda ini memutuskan untuk beraksi nyata disana.

Aksi nyata dalam project tersebut ialah mengajak masyarakat untuk memungut sampah lalu membuangnya, membuat lubang biopori, serta membersihkan sungai. Sebuah tindakan yang sederhana namun sarat dengan makna. Para aktor IYOIN Chapter Bogor berkolaborasi dengan pegiat lingkungan yaitu Komunitas Peduli Ciliwung, Karang Taruna daerah setempat dalam menyelaraskan project tersebut. “Kita disana ngajak warga, ngajak karang tarunanya buat mungut sampah, buat biopori, bersih-bersih sunga. Ya, itu tindakan kecil tapi dampaknya besar. IYOIN lebih berorientasi kepada edukasinya, mengedukasi masyarakat sebagai sebuah tindakan dan solusi,” kenang Lukman.

Aksi nyata lainnya yaitu memberi beasiswa kepada para pelajar berupa kuota pendidikan maupun alat sekolah. Dalam pelaksanaannya, IYOIN Local Chapter Bogor berkolaborasi dengan komunitas-komunitas pendidikan untuk merekomendasikan juga mendaftarkan pelajar yang paling berhak menerima beasiswa. “Kita coba jalin kolaborasi dengan komunitas pendidikan kaya Kabupaten Bogor Mengajar (KBM) buat bantu cari anak yang perlu dibantu dan didaftarin ke kita,” jelas Lukman.

Tentu masih banyak aksi nyata yang akan digerakkan, maka dari itu IYOIN Local Chapter Bogor akan selalu membuka pintu kepada para pemuda pegiat perubahan untuk berkolaborasi dengan IYOIN Local Chapter Bogor lewat ruang volunteering mereka. So, stay tuned for further information and visit their social media on Instagram.

Berikanlah sebuah tujuan dan pecahkanlah tujuan tersebut hingga tidak bisa dipecah lagi,maka kamu dapat menikmati hasil dari apa yang kamu kerjakan

Lukman Hakim, Executive Direktur IYOIN Local Chapter Bogor

Penulis : Badrul Kamal
Editor : Fikry Hawali

%d bloggers like this: