Momen awal tahun menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap orang, tak terkecuali Bogor Clean Action. Komunitas yang berdiri sejak 30 September 2015 ini baru saja mengadakan Gerakan Pungut Sampah (Aksi 1117) dengan rute di sepanjang Jalan Pajajaran (depan Lippo Plaza Keboen Raya) hingga sekitaran Tugu Kujang.

“Tujuan gerakan ini untuk mengedukasi masyarakat agar setiap aktivitas apa pun tidak meninggalkan sampah”, ungkap Koordinator Bogor Clean Action, Agil Mulqi Syahrial.

Dalam menjalankan aksinya, Bogor Clean Action menggerakkan massa kurang lebih 30 orang yang terdiri dari anggota komunitas Bogor Clean Action, Pramuka Sakabayangkara dan Pramuka SMA Kosgoro Bogor yang dikumpulkan melalui sosial media. “Kami mengumpulkan massa untuk aksi ini dengan memanfaatkan instagram dan facebook Bogor Clean Action pada H-1 aksi dimulai,” ujar Agil, sapaannya. Aksi dimulai dengan berkumpul di depan Lippo Plaza Keboen Raya atau pintu 3 Kebun Raya Bogor. Barulah,  aksi  berjalan pada pukul 01.00 WIB dan selasai pada pukul 03.00 WIB.

Aksi Bersih 1117 terdiri dari Komunitas Bogor Clean Action, Pramuka Sakabayangkara dan Pramuka SMA Kosgoro Bogor.

“Semangat dan antusias peserta yang berpartisipasi sangatlah membantu. Setidaknya dari aksi ini, kami berhasil mengumpulkan 30 kantong sampah dengan masing-masing 10 kg selama menyusuri rute yang telah ditentukan ” tambahnya.

Setidaknya terkumpul 30 kantong sampah dengan berat masing-masing sekitar 10 kg dari Car Free Night Bogor

Agil berharap kesuksesan acara kemarin nantinya bisa dilanjutkan dan dilaksanakan kembali di tahun berikutnya melihat antusias peserta yang cukup bagus. “Mungkin aksi ini di tahun berikutnya peserta yang berpartisipasi bisa lebih banyak lagi dari kali ini,” imbuhnya.

Bogor Clean Action merupakan komunitas yang dibangun dari gerakan partisipatif aktif masyarakat. Tujuannya adalah untuk mengedukasi masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan terutama kebersihan. Hingga saat ini, Bogor Clean Action memiliki 10 anggota aktif yang menjalankan komunitas dan rutin mengadakan aksi bersih setiap hari Minggu saat Car Free Day di Jalan Sudirman.

 -WA
%d bloggers like this: