Bersama, beraksi, dan menginspirasi menjadi ruh utama kegiatan kolaboraktif di Bogor yang diberi nama Bogor Hujan Komunitas.

Foto bersama peserta diskusi Kompas

Pada tanggal 30 September sampai 1 Oktober 2017 menjadi waktu yang berkesan untuk masyarakat Bogor karena komunitas Bogor bergerak bersama untuk mengadakan kegiatan yang diprakarsai oleh gabungan 37 komunitas dan organisasi yang tergabung di wadah komunitas Bogor Ngariung ini di Gor Padjadjaran.
Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut dibuka oleh Drs. Ade Syarif Hidayat S.Pd. selaku Sekda Kota Bogor. Setelah membuka acara pada hari Sabtu, Ade Syarif melakukan silaturahim bersama komunitas-komunitas di booth yang tersedia. Setelah berkunjung ke beberapa komunitas Sekda Bogor yang hobi berolahraga ini kagum dengan kegiatan komunitas yang peduli dengan lingkungan, pendidikan dan budaya. “Saya tadi silaturahim dengan komunitas-komunitas, saya kagum dengan kegiatan mereka, dengan ketulusan hati, mereka mengedukasi anak-anak pra sejahtera, bahkan tadi saya didongengkan saat berkunjung ke stan Komunitas Dongeng Kota Hujan, semoga Pemerintah Kota Bogor dapat memfasilitasi komunitas di Bogor agar terus bergerak dan memberikan kontribusi untuk kemajuan Kota Bogor,” ujar Ade Syarif.

Kak Bonci dari Komunitas Dongeng Kota Hujan sedang mendongeng di depan Drs. Ade Syarif Hidayat S.Pd. (Sekda Kota Bogor)

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diwarnai oleh berbagai kegiatan dari mulai pameran profil melalui poster, pameran karya, aksi komunitas, bincang komunitas dan penampilan komunitas. Robby Firliandoko, Ketua Pelaksana Bogor Hujan Komunitas menuturkan, kegiatan yang merupakan kolaborasi antara Bogor Ngariung dengan Dispora Kota Bogor ini bertujuan memperkenalkan gerakan komunitas agar semakin banyak orang yang melakukan perubahan. “Bogor Hujan Komunitas merupakan mimpi kami sejak 4 tahun lalu, dan alhamdulillah sudah terwujud, semoga setelah ini akan ada banyak masyarakat yang ambil bagian untuk perubahan Bogor yang lebih baik,” ujar Robby.

Aksi panggung komunitas Teater Leuwiliang

Kesuksesan kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas ini juga melahirkan satu buah karya kolaborasi yaitu berupa buku dengan nama Buku Bogor Hujan Komunitas. “Alhamdulillah kegiatan Bogor Hujan Komunitas telah terlaksana, terima kasih atas kerja barengnya atas semua pihak, semoga kita bisa terus menyebarkan virus perubahan melalui berbagai kegiatan dan karya,” harap Robby.