Komunitas peduli lingkungan di Bogor bertambah lagi, nih. Mereka menamakan komunitasnya dengan IYOIN atau (Ayo-in) ejaan dalam bahasa Indonesia, merupakan kepanjangan dari Indonesian Youth Opportunity in International Networking¸ sebuah organisasi pemuda yang bergerak di bidang Pendidikan, Kepemudaan, Sosial, dan Jaringan Internasional.

Program utama komunitas ini, yakni Iyoin Care dan Peduli Indonesia. Dimana, untuk saat ini mereka lebih fokus pada program pendidikan masyarakat daerah terpencil di Bogor. Awal mula terciptanya komunitas IYOIN ini, karena mereka prihatin melihat adanya gap yang cukup jauh antara daerah Bogor kota dan daerah lainnya. Sehingga berdampak pada sosial lingkungan dan  pendidikan yang kurang mendukung di daerah-daerah terpencil Bogor.

Nah, komunitas ini hadir untuk memberikan penyuluhan terkait sosial dan pendidikan di wilayah terpencil Bogor, agar mereka lebih cinta lingkungan. Komuitas IYOIN berharap dengan menjalankan program-programnya itu, tidak ada ketimpangan lagi antara daerah kota dan daerah Bogor dalam sosial lingkungan serta pendidikannya.

Sebelum menjalankan program-programnya. Komunitas IYOIN melakukan riset terlebih dahulu, tempat mana yang nantinya mesti diimprove dan diperbaiki. Mereka mulai mensosialisasikan program-programnya sekaligus aksi langsung di masyarakatnya.  Seperti kegiatan tahun kemarin di desa Gobang. Mereka berhasil mempengaruhi masyarakatknya agar cinta terhadap lingkungan lewat gotong royong membersihkan sungai disana bersama masyarakat, pemuda-pemudi dan volunteer dari IYOIN sendiri. Alhasil, sungainya menjadi lebih bersih dan sampah-sampah yang diperloheh dari sungai disulap menjadi barang yang memiliki nilai. Sehingga bisa digunakan kembali oleh mereka.

Disamping itu, mereka juga memberdayakan SDM nya lewat SD 03 Gobang untuk memberi motivasi dan pengenalan kepada anak-anak tentang pendidikan dunia luar agar mereka siap menghadapi dan berkompetisi di masa depan. Dalam waktu dekat ini mereka akan mengadakan recruitment anggota baru IYOIN, pesyaratannya mudah sekali. Syarat pendaftaran gabung di IYOIN: usia min 17-28 tahun (latar belakang bebas), mengisi berkas data diri yang telah disipakan dan letter commitment. Kuy, pemuda-pemudi wargi Bogor ayo-in (Ayo join). Bagi kamu pemuda-pemudi yang ingin bergabung dalam kegiatan aksi sosial peduli lingkungan. Silahkan daftarakan diri kalian di IYOIN.