Setiap orang berhak memiliki impian, harapan, dan eksistensi untuk diakui dalam kehidupan sosial. Tidak terkecuali dengan mereka para penyandang disabilitas. Pernahkah kalian sadari, mereka juga ternyata memiliki keahlian yang sama seperti kita. Bahkan keahlian mereka kadang melebihi ekspektasi kita.

Bersama komunitas Senyum Difabel Bogor, impian, harapan serta senyum semangat para penyandang disabilitas dipupuk dan dibentuk untuk menjadi pribadi yang mandiri dan percaya diri.

Senyum Difabel merupakan suatu komunitas yang merangkul para penyandang disabilitas, mencoba mengembalikan senyum merekah diwajahnya melalui kegiatan-kegiatan bermanfaat dalam memberikan pelajaran, motivasi dan lain sebagainya.

Komunitas ini berawal dari sebuah gerakan yang diprakarsai oleh 3 serangkai laki-laki mahasiswa IPB. Dimana mereka mengajak masyarakat untuk mengetahui lebih dekat para penyandang difabel. Tujuan utama dari komunitas ini adalah memberikan pendidikan yang inklusif kepada anak-anak difabel. Mulai dari melatih motoriknya melalui karya seni sekaligus memberikan pelajaran nilai-nilai kehidupan di dalamnya.

Pada tahun 2018 lalu, ketiga serangkai itu mulai merebranding komunitasnya yang kemudian diikutsertakan pada lomba nasional dan menjadi pemenang. Kemudian mereka mulai berani merekrut anggota baru untuk dijadikan pengurus lainnya, yang semuanya merupakan mahasiswa IPB Bogor. Saat ini, komunitas Senyum Difabel Bogor telah memiliki 18 pengurus dengan kegiatan utamanya antara lain ; 1) Pendidikan, 2) Semangat Berbagi 3) Workshop-workshop.

Dalam mengadakan kegiatannya itu, mereka sering bekerja sama dengan yayasan-yayasan atau sekolah-sekolah khusus difabel dan lembaga terpercaya dalam memberikan pembelajarannya. Bahkan mereka juga sering mengikuti lomba-lomba hingga jualan merchandise yang diproduksinya untuk mendukung kegiatan-kegiatan tersebut agar dapat berjalan dengan lancar.

Namun, beberapa kegiatan komunitas Senyum Difabel sempat terhenti terutama dibagian eksternalnya. Hal ini dikarenakan pandemi yang tidak memungkinkan mereka untuk melanjutkannya. Sementara, untuk kegiatan internalnya sendiri, mereka lebih memilih mengadakan perkumpulan-perkumpulan lewat online guna merekatkan dan memperkuat anggota komunitasnya.

Dalam waktu dekat ini komunitas Senyum Difabel akan mengadakan kelas Bahasa Isyarat bagi mereka yang tertarik untuk mempelajarinya, Jika keadaan sudah berjalan dengan normal. Nah, oleh karena itu, mari kita do’akan juga semoga pandemi ini cepat berakhir dan kita semua dapat menjalankan aktivitas seperti biasanya. Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokoler Covid-19 saat keluar rumah ya dan selalu jaga kesehatan ya.

Kegiatan Kelas Bahasa Isyarat

Penulis : Wiwi Hartini
Editor : Fikry Hawali