Indahnya kebersamaan adalah impian banyak orang, terutama dalam melakukan kegiatan perubahan secara bersama-sama, dampak yang terjadi juga jauh akan lebih besar. Itulah yang dilakukan Bogor Ngariung, sebuah organisasi yang mewadahi komunitas dan organisasi pegiat perubahan asal Bogor.

sejak dua tahun lalu, Bogor Ngariung merupakan wadah yang mengumpulkan komunitas Bogor dari bidang pendidikan, lingkungan, sosial, seni, sejarah, media dan olahraha untuk saling mengenal, berjejaring, bersinergi dan menciptakan kolaboraksi. Berawal dari ide Robby Firliandoko atas pembelajarannya di Kota Semarang, Robby memimpikan agar Komunitas Bogor dapat bersinergi dan menciptakan kolaboraksi.

“Saya memiliki mimpi agar Komunitas Bogor dapat bersinergi dan menciptakan Kolaboraksi agar dampaknya semakin besar dan menginspirasi” penjelasan Robby Firliandoko selaku founder dan Koordinator Utama Bogor Ngariung.

Seiring berjalannya waktu, Bogor Ngariung menyepakati mimpi bersamanya yaitu menjadikan Bogor lebih baik melalui gerakan komunitas. Untuk bisa menggapai mimpi tersebut Bogor Ngariung aktif mengadakan diskusi komunitas setiap 4 bulan sekali dan aksi bersama setiap 4 bulan sekali. Selain itu Bogor Ngariung juga aktif Bekerja sama dengan media untuk dapat meliput kegiatan dan gerakan komunitas.

Dalam menjalankan Bogor Ngariung yang sekarang mewadahi 85 komunitas, Robby tidaklah sendiri. Selain Rooby ada Indri Guli yang bertanggung jawab dibidang penulisan, Junaedi dan Nur Huda sebagai tim offline dan Syaeful Bahri dan Arista Ramadani sebagai tim online, tim tersebut disebut Tim Koordinator Bogor Ngariung.

Dua tahun sudah berjalan, ada banyak hal yang sudah Komunitas Bogor torehkan dari mulai mengadakan aksi Bogor melawan asap, mengadakan jambore komunitas dengan peserta 100 peserta dari sekitar 85 komunitas dan berpartisipasi dalam memperingati Hari Komunitas Nasional melalui media digital dengan hastag #KomunitasBogor dan menggapai impression lebih dari 10.000.000 impression.

Semakin besar dan sudah menorehkan banyak hal, tidak lantas membuat Bogor Ngariung puas. Bogor Ngariung terus berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk komunitas dan terus memperbesar wadah ini dengan menerima bila ada komunitas Bogor yang ingin bergabung. Adapun syarat yang harus dipenuhi komunitas untuk bergabung di Bogor Ngariung adalah komunitas berasal dari Bogor, komunitas pernah ikut “Ngariung Komunitas” minimal sekali, komunitas tidak terlibat dalam partai politik dan komunitas yang ingin bergabung sesuai dengan kategori yang sudah ditentukan oleh Bogor Ngariung yaitu pendidikan, lingkungan, sosial, sejarah, seni, media dan olahraga.

Sumber: KelilingBogor.ID

%d bloggers like this: