Forum Pendidikan Bogor (Forpen) merupakan forum yang terdiri dari sekumpulan komunitas yang fokus pada bidang pendidikan di Bogor. Tahun 2015, kami berkumpul di gedung pascasarjana IPB Baranangsiang untuk meresmikan forum tersebut. Forpen adalah salah satu forum yang berhasil dibentuk oleh Bogor Ngariung (BN). Bogor Ngariung sendiri memiliki kesan spesial di mata setiap anak-anak muda Bogor, bagaimana tidak dalam waktu 4 tahun BN berhasil mengumpulkan lebih dari 90 komunitas se Bogor. Melihat BN saya sangat percaya bahwa Indonesia masih memiliki banyak pemuda hebat yang peduli akan masa depan bangsanya.

 
The power of youth is the common wealth for entire world. The faces of young people are the faces of our past, our present and our future. No segment in the society can match with the power, idealism, enthusiasm and courage of the young people – Kailash Satyarthi

 
Jumlah penduduk Bogor baik kabupaten maupun kota yaitu sekitar 5 juta jiwa, jika 50% nya saja berusia produktif artinya aka nada sekitar 2,5 juta jiwa anak-anak muda di Bogor.

 

Bogor Ngariung sebagai wadah untuk semua komunitas di Bogor tentunya sangat berarti karena hari ini anak-anak muda atau biasa disebut generasi Millennials menjadi mudah untuk memilih hal apa yang mereka sukai dengan banyaknya pilihan komunitas yang tergabung dalam Bogor Ngariung.

 

Artinya akan banyak hal positif yang akan dilakukan anak-anak muda tersebut.
Bogor Ngariung saya ibaratkan sebagai pilot project yang seharusnya dicontoh oleh penggerak muda di daerahnya. Menurut saya, setiap daerah baik kabupaten atau kota membentuk wadah seperti Bogor Ngariung ini agar bisa merangkul semua komunitas sehingga akan banyak anak-anak muda yang produktif.

 

Salah satu komunitas yang dirangkul oleh Bogor Ngariung adalah IPB Mengajar. Komunitas ini yang mengantarkan saya mengenal lebih dekat Bogor Ngariung. IPB Mengajar juga merupakan anggota forpen dan termasuk salah satu komunitas pendiri forum tersebut. Hal yang paling menyenangkan ketika saya mengikuti kumpul Bogor Ngariung adalah rasa kekeluargaannya, rasa saling menghargai satu sama lain meskipun saya bukan berasal dari Bogor. Selain itu sudah jelas saya juga mengenal orang-orang hebat dari berbagai komunitas, mengenal media-media lokal dan nasional juga mengenal para inspirator lainnya.

 

Bogor Ngariung sangat dibutuhkan oleh Bogor karena bagaimapun saya yakin masa depan Bogor ada ditangan pemuda yang hari ini tergabung di Bogor Ngariung. Harapan saya, Bogor Ngariung tetap ada, tetap menjadi inspirasi bagi anak-anak muda daerah lainnya untuk mengembangkan daerahnya dan semoga bisa menularkan semangatnya ke teman-teman lainnya sehingga setiap daerah punya Bogor Ngariung nya sendiri.

 

Ditulis oleh:

Pengagum Rahasia Bogor Ngariung