Menginjak usia pertama, Cibinong Society rayakan ulang tahun dengan mengangkat tema bertajuk “CS 1st Anniversary – Familiy in Harmony”. Perayaan ulang tahun pertama Cibinong Society tersebut diselenggarakan di Aula Dinas Arsip dan Perpustakaan, Pemda Kabupaten Bogor pada Minggu (12/1/2020).

Ketua pelaksana CS 1st Anniversary, Gamal Muhammad Adam Ardiansyah menyampaikan, kegiatan perayaan ulang tahun yang pertama ini dibuat sederhana dengan berbalut kekompakan dan keceriaan. Rangkaian kegiatan diantaranya yaitu diawali dengan doa bersama untuk para korban bencana banjir dan longsor di Bogor, games, pemotongan kue, serta makan bersama. Hal itu didasari oleh tujuan untuk lebih mengakrabkan diri dengan sesama anggota lainnya sehingga dapat membuat ikatan silaturrahmi yang lebih kuat antar sesama anggota yang tergabung ke dalam komunitas.  

“Acara ini di-arrange untuk memupuk tali ikatan kekeluargaaan antar sesama anggota. Maka dari itu, acara ini diberi tema CS 1st Anniversary – Family in Harmony, harapannya tentu kita dapat lebih mengenal satu sama lainnya. Intinya lebih dari itu kita harus saling memilki, kita satu keluarga,” ungkapnya.

Selain itu, diadakan juga sesi penghargaankepada para anggota atas capaian dan kontribusi selama satu tahun Cibinong Society berdiri. Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi agar semua anggota dapat termotivasi untuk lebih aktif memberikan yang terbaik.

“Ada sesi awarding, yaitu pemberian penghargaan kepada para anggota yang selama setahun ini dilihat siapa anggota komunitas yang terbijaksana, siapa yang teralim, siapa yang terlucu, atau bahkan siapa yang ter-absurd. Tujuannya antara lain kembali lagi agar kita lebih mengenal dan sebagai bentuk apresiasi terhadap anggota serta untuk memotivasi anggota lainnya,” ujar Gamal yang juga merupakan Koordinator The Team Maker Cibinong Society.

Sementara itu salah satu founder Cibinong Society, Nurhuda Anwar atau yang akrab disapa Kang Ace mengatakan, Cibinong Society didirikan pada tanggal 13 Januari 2019. Berawal dari keresahan melihat generasi millenials khususnya di daerah Cibinong dan sekitarnya yang kurang peka terhadap permasalahan sosial, membuat Kang Ace bersama dengan empat orang temannya berinisiatif mengajak dan mengumpulkan para generasi millenials di daerah Cibinong dan sekitarnya tersebut untuk lebih peduli terhadap keadaan lingkungan serta aktif dalam kegiatan sosial maupun kerelawanan.

“Pertama kali oprec itu ada sekitar 30 orang anggota yang ikut bergabung, kemudian diadakan oprec kedua pada Agustus lalu, sehingga saat ini ada sekitar 53 anggota aktif. Jadi memang fokusnya itu lebih ke anak-anak mudanya, sementara untuk lingkupnya sendiri tidak hanya dari Cibinong, namun banyak juga yang dari luar Cibinong, seperti Citereup, Gunung Putri, Bojong Gede maupun Bogor Kota,” tuturnya.

Lebih lanjut Kang Ace mengatakan, komunitas yang tergabung juga ke dalam Bogor Ngariung ini memiliki 7 program kegiatan, yaitu diantaranya Pusing (Perpustakaan Keliling), Mabar (Main Bareng di Luar), Kilat (Kita Berlatih), Ngelink (Ngejaga Lingkungan), HOPE (Harapan, Optimis, Peduli, Empati), Sunday Funday, serta Malam Seru.

Kang Ace berharap, di usia yang pertama ini Cibinong Society dapat menjadi wadah bagi para generasi millenials di daerah Cibinong dan sekitarnya untuk dapat berkarya dengan melakukan kebaikan dan berbagi kebahagiaan sesuai dengan tagline Cibinong Society, Share Your Action – Share Your Happiness.

“Mudah-mudahan komunitas ini semakin berkembang dan semoga nantinya akan ada pengganti yang dapat meneruskan satu visi yang sama, satu tujuan yang sama, serta mimpi yang sama untuk bergerak bersama-sama agar komunitas ini dapat terus memberikan manfaat kepada masyarakat luas serta memberikan inspirasi kepada para generasi millenials lainnya untuk dapat berkontribusi aktif dalam melakukan kegiatan yang positif,” pungkasnya.

Penulis : Acep Muhamad Rusman
Foto : Dokumentasi

%d bloggers like this: