Bogor Ngariung kembali mengadakan Ngariung Komunitas pada hari Minggu (26/1) lalu di aula P4W IPB. Acara tersebut dihadiri lebih dari 30 orang peserta yang terdiri dari perwakilan komunitas-komunitas di Bogor. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan dari 4 pembicara hebat, yakni Yunus Imron (Urban Sakola), Fahmi Ramadhan (IPB Mengajar), Dicky Farhan (Kab. Bogor Mengajar), dan Riyana Hermadiana (1000 Guru Bogor). Dimana ke 4 orang tersebut membagikan pengalaman-pengalamannya selama berkegiatan di komunitasnya, mulai dari overview komunitas seperti sejarah didirikannya komunitas, keanggotaan, kegiatan hingga cerita-cerita seru dan haru membiru selama mengikuti komunitas itu.  

Pada kegiatan Ngariung kali ini, Bogor Ngariung lebih ingin mendengar dan saling berbagi pengalaman bersama komunitas tentang kondisi pendidikan di daerah yang masih berada di pelosok dari keempat pembicara yang disebutkan tadi. Tujuannya adalah agar terciptanya kolaborasi antar komunitas dan kegiatan Aksi Bersama pada akhir bulan Maret nanti. Begitu cukup banyak tanggapan positif dari para peserta yang berharap agar acara itu dapat terselenggara secara terus menerus.

Beberapa tanggapan dari keempat pembicara diantaranya, dari Diki Farhan Febrian (Kab. Bogor Mengajar),  berpendapat bahwa acara Bogor Ngariung sangat membantu kami dari sisi pergerakan kegiatan. Jadi kita juga tahu kanan dan kiri kita, komunitas-komunitas lain yang juga bergerak dibidang yang sama. “Kita berpotensi untuk bekerjasama, berkolabolarsi dengan kegiatan itu. Terus juga acara ini merupakan ajang untuk memberikan semangat kepada temen-temen, kalau misal pendidikan itu tidak sedang baik-baik aja. Selain itu, bisa memotivasi mereka buat bergerak di bidang pendidikan bareng sama kita. Sebenarnya, tidak harus dikomunitas pendidikan saja yang bergerak. Diharapkan semua lini juga harus bergerak dan teman-teman melek terhadap problem pendidikan yang ada di kabupaten Bogor khususnya,” tambahnya.

Pendapat lain dari Fahmi Ramadhan (IPB Mengajar), “Bagus banget. Jadi ,bisa mewadahi kelompok-kelompok yang ada di sekitar Bogor dan semoga kita bisa berkolaborasi bareng”.  Lalu pendapat dari Yunus Imron (Urban Sakola) menyatakan bahwa kegiatan ini bagus untuk mengenalkan komunitas apa saja yang ada di Bogor dan bisa menambah teman serta menambah wawasan tentang bidang komunitas yang ada di Bogor. Pendapat serupa juga dikemukakan oleh Riri (Seribu Guru Bogor) bahwasanya kegiatan ini sangat bagus untuk silaturahmi dan mengenal antar komunitas yang bergerak dibidang yang sama dan mungkin akan tercipta kolaborasi yang hebat.

Sebelum acara berakhir, tak lupa perwakilan dari P4W memaparkan beberapa materi yang disebut “Bergerak Dari Hulu” yang diwakilkan oleh Kang Ridho. Selain itu juga Bogor Ngariung mengenalkan Tim yang baru kepada kawan-kawan komunitas yang hadir. Acara diakhiri dengan do’a dan foto bersama kawan-kawan komunitas.

Penulis : Wiwi Hartini
Foto : Dokumentasi