Faktabahasa (Faba) Bogor jalin kerja sama dengan Exchange Participants AIESEC IPB yang merupakan penutur bahasa asing untuk mengajar anggota Faba Bogor (pupils) dalam program bertajuk Native Speaker Invitation di Aula Ahmed Baehaqie IPB Pascasarjana Baranangsiang pada hari Minggu (5/08/2018).


Kegiatan yang dihadiri oleh sekitar 16 orang asing yang datang dari berbagai negara ini (Austria, Cina, Canada, India, Malaysia, Mesir, Oman, Spanyol, Tunisia, Turki), merupakan hasil kolaborasi antara Faktabahasa Bogor dengan AIESEC IPB yang bertujuan menjadi sarana bagi pupils untuk melatih komunikasi bahasa asing dan saling bertukar informasi. Acara yang diikuti oleh sekitar 50 pupils dan pengurus ini mengagendakan dua acara inti yakni Sharing Culture dan Special Class.


Sebelumnya, Faktabahasa Bogor bersama AIESEC IPB berkolaborasi dalam memberikan wawasan mengenai bahasa dan budaya Indonesia kepada Exchange Participants (sebutan peserta program AIESEC).

 
Ketua Pelaksana Widi mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan berharap kerja baik ini dapat terus berlangsung. “Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh Exchange Participants yang menyempatkan hadir untuk bisa berbagi, kepada AISEC IPB yang telah mejadi fasilitator untuk kehadiran mereka serta antusias para pupils Faktabahasa Bogor yang hadir di sini. Saya harap kerja sama ini bisa terus berlanjut setiap tahunnya,” ujar wanita berkacamata itu.

 
Setelah sambutan dari ketua, acara dilanjutkan dengan Sharing Culture yang terbagi menjadi 4 bagian, yakni Mesir, Oman, India dan Turki. Pada kegiatan ini, para Exchange Participants memberikan wawasan mengenai kebudayaan dan kebanggaan yang ada di negaranya, dari tata bahasa, pakaian adat, tempat wisata, makanan hingga sejarah negara mereka masing-masing. Pada sharing culture ini sempat terjadi saling klaim mengenai makanan khas dari negara mereka masing-masing yaitu “kebab” yang mengundang gelak tawa mereka yang hadir.

 

 

Selain Sharing Culture, Special Class with Native Speakers juga menjadi sesi yang ditunggu-tunggu. Pada Special Class ini, mereka dibagi menjadi 5 kelas yaitu Bahasa Jerman, Inggris, Spanyol, Mandarin dan Prancis. Pupils terlihat sangat antusias saat Exchange Participants menjelaskan materinya seperti cara membaca yang benar, angka, hingga perkenalan diri. Ini menjadikan pengalaman mengesankan mengingat selama ini pupils hanya belajar kepada tutor dan jarang langsung praktik dengan para Native Speakers.

 

 

“Aku tuh baru pertama kali belajar bahasa Perancis dan ternyata bahasanya keren! Jadi mau belajar lagi,” ujar Agi salah satu Pupils yang mengikuti kelas bahasa Perancis.

 

Kegiatan ditutup dengan penyerahan sertifikat dari kedua belah pihak dan foto bersama. Selain menjadi sarana untuk praktik, dengan terlaksananya kegiatan Native Speaker Invitation diharapkan dapat membuka pikiran pupils terhadap hal-hal yang baru dipelajari sehingga mereka dapat mengembangkan pikiran serta kemampuan mereka mengenai bahasa dan kebudayaan negara lain.

 

 
Penulis: Hilmi Muhammad Al Fatih
Editor: Robby Firliandoko
Sumber Foto: Faktabahasa Bogor

%d bloggers like this: