Mengenal bahasa dan budaya dari negara lain dapat memperkaya pengetahuan dan pengalaman kita akan negara tersebut. Untuk itu Cinta Baca punya program unik bagi teman-teman yang suka dengan hal ini, namanya Culture Exchange.

Program ini memberi peluang besar untuk siapa saja bisa bertemu dan berbicara langsung dengan tamu maupun penutur asli dari negara lain. Meskipun awalnya program ini lebih ditujukan bagi peserta english club di Cinta Baca supaya fasih berbahasa Inggris karena bisa bertemu dengan penutur asli Bahasa Inggris, tapi sekarang sangat terbuka ke semua kalangan. “Tujuan acara ini untuk bertukar dan memperkenalkan kebudayaan dari Indonesia (Cinta Baca) dan juga tamu yang berkunjung,” jelas Clara Junita sebagai Koordonator Cinta Baca Wilayah Jabar.

 
24 Mei lalu, tamu-tamu asing yang datang ke Perpustakaan Cinta Baca berasal dari dari negara tetangga terdekat kita yaitu Singapura. Cinta Baca sendiri merupakan sebuah lembaga nirlaba yang bergerak di bidang perpustakaan dan pendidikan non formal yang memiliki visi terciptanya manusia Indonesia yang cerdas dan berbudi luhur dengan misi membangun pusat pembelajaran masyarakat berbasis perpustakaan dan pendidikan formal. Cinta Baca berlokasi di jalan Raya Bogor Baru Blok A2 nomor 17, Kecamatan Bogor Utara.

Awal acara mereka mempresentasikan secara singkat negara mereka. Kesan yang masih melekat di ingatan bahwa negara mereka merupakan negara kecil dan multikultur seperti Indonesia. Terkenal dengan ketatnya aturan dan juga lingkungan yang bersih. Istilah “Singlish” atau Singapore-English adalah bahasa yang sering digunakan di Singapura untuk berdialog sehari-hari, merupakan perpaduan antara bahasa Inggris dan bahasa lokal.

 

Peserta lain juga memperkenalkan beberapa permainan dan ikut membaur dengan peserta.
Ada permainan “Baby Shake”, komunikata, tebak kata, juga acting out. Yang paling seru dalam acting out ini tiap-tiap kelompok akan mendapat naskah cerita yang sama. Masing-masing kelompok sekreatif dan sekreatif mungkin tampil dan beradu peran dengan bahasa Ingrris.
“Sangat seru dan menyenangkan tentunya ikut acara ini. Wawasan kita semakin luas untuk belajar tentang negara lain. Tidak tertutup kemungkinan bisa menambah jejaring pertemanan lintas negara. Kita juga punya kesempatan luas untuk berbagi tentang keunikan dan kekayaan negara Indonesia kita tercinta,” tutur salah satu peserta Culture Exchange tersebut
Ditulis oleh: Tim Cinta Baca
Foto: Dokumentasi
Editor: Robby Firliandoko

%d bloggers like this: