Category

Slogan Komunitas :

Menebar kebaikan melalui “virus” mendongeng

Deskripsi Komunitas : 

Kami adalah sekumpulan pecinta dongeng yang ingin kembali menaikan nilai dongeng ke masyarakat. Komunitas ini bergerak di bidang pendidikan, seni bertutur dan tentunya sebagai hiburan bagi anak dan keluarga khususnya lewat media mendongeng.

Latar Belakang Terbentuk : 

Kekuatan dongeng yang begitu besar dan fakta bahwa dongeng adalah salah satu peninggalan nenek moyang Indonesia, menjadikan dongeng harus menjadi salah satu budaya bangsa yang dilestarikan, diingat, bahkan dirayakan.

Kegiatan : 

  • Ngulik Dongeng adalah workshop mendongeng dan aktivitas yang berhubungan dengan pendidikan anak-anak yang ditujukan bagi tenaga pendidik (pengajar muda dari forum pendidikan), guru dan orang tua sehingga mereka bisa menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan menciptakan kedekatan antara orangtua dan anak dengan cara mendongeng. Selain itu juga kami mengadakan kelas dongeng lanjutan untuk meningkatkan skill mendongeng bagi anggota.
  • Keliling Dongeng merupakan sebuah agenda dimana relawan dongeng yang telah bergabung dengan komunitas memiliki kesempatan untuk memiliki pengalaman mendongeng secara langsung di depan khalayak ramai. 
  • Festival Dongeng Kota Hujan: hampir dalam setiap kegiatannya yang bertema “Piknik Dongeng”, kami memberikan alternatif hiburan bagi keluarga dengan program kegiatan sederhana yaitu piknik bersama sambil mendengarkan dongeng. Seluruh anggota keluarga bisa mengikuti kegiatan ini sehingga menciptakan kedekatan dan kebersamaan (quality time) antar seluruh anggota kelurga yang sekarang ini hampir terkalahkan oleh gadget. Kegiatan tahunan yang sudah kami laksanakan sejak tahun 2014 adalah Festival Dongeng Kota Hujan yang merupakan rangkaian dari Festival Dongeng Internasional Indonesia yang digelar di beberapa kota dan telah menghadirkan pendongeng baik dari Kota Bogor, pendongeng dari luar Bogor, bahkan pendongeng dari mancanegara.

Media Sosial :

IG @rcstoryfest

Twitter: @rcstoryfest

Facebook: Dongeng Kota Hujan