Minggu pagi 3 tahun yang lalu, pertama kalinya saya mengenal lebih dalam Berkawan Indonesia yang menerima saya sebagai relawan tanpa pengalaman.

 

Awalnya tidak pernah terpikir bisa masuk dan bertahan sampai saat ini, namun ada hal yang buat saya tidak bisa duduk diam dan menikmati perubahan tapi saya ingin andil dalam perubahan yang dinikmati. Caranya?

Pertanyaaan itu yang belum saya temukan sebelumnya, dulu memang tidak banyak tau ada komunitas atau perkumpulan semacam tempat dimana hasrat ikut andil dalam perubahan itu tersalurkan.
“Aah memang apa sih yang dilakukan?” Mungkin kalian jadi bertanya hal itu, menurut saya simpel saja tidak usah berpikir negara atau dunia, Bogor aja dulu. Tidak perlu jadi DPR, bupati, walikota atau bahkan presiden dulu untuk turut andil dalam perubahan dalam negri ini, juga tidak perlu berprestasi dalam bidang A-Z, tidak perlu punya bayak uang, tidak perlu menjadi orang yg berpengaruh dalam organisasi. Modal awalnya cukup menjadi diri sendiri yang memiliki kepedulian, itu sudah cukup.

Berkawan Indonesia sudah menjadi bagian dalam pikiran saya saat ini dan di Berkawan Indonesia saya dipertemukan dalam lingkaran kebaikan bernama Bogor Ngariung, tempat dimana manusia-manusia hebat yang haus akan sebuah perubahan, kumpulan para komunitas penggerak perubahan dengan caranya masing-masing, kumpulan para jomblo yang berkualitas (hahaha ✌).
Bogor ngariung bagai sebuah cahaya dalam kegelapan komunitas satu dengan yang lain, semoga para muda-mudi Bogor semakin banyak masuk dan terjerumus dalam lingkaran kebaikan ini. Perubahan dari hal sekecil apapun bahkan dengan membuat lingkaran kebaikan ini sudah memberi secerca harapan untuk mempersatukan para agen perubahan dengan berbagai macam strategi. Semoga Bogor Ngariung bisa terus memperluas lingkaran kebaikan ini.

Sejujurnya saya bukan penulis yang handal dan bukan penyair yang pintar merangkai kata, sekian~
Salam relawan tanpa pengalaman

Ditulis oleh:

Widina Purnamasari

Berkawan Indonesia

%d bloggers like this: