Pelaksanaan Program Beasiswa Yatim-duafa (PPBY) memberikan pendidikan seputar mendidik anak kepada orangtua anak yatim dan duafa melalui Seminar Parenting yang diadakan di Aula Politeknik AKA Bogor, Sabtu, (01/09/2018). Kegiatan ini diikuti oleh 18 orang adik asuh PPBY (sebutan bagi anak-anak yatim-duafa PPBY) beserta orangtua atau walinya.

 

Hakikatnya keluarga adalah tahap awal pembentuk karakter seorang anak. Hal ini yang mendorong PPBY mengadakan Seminar Parenting untuk keluarga adik asuh sehingga diharapkan dengan adanya kegiatan ini para orangtua atau wali adik asuh mendapatkan pelajaran berharga bagaimana mendidik dan mengasuh anak-anaknya di rumah agar memiliki sikap dan mental yang baik.
“Kita buat acara ini dengan harapan agar kita dapat memberikan sedikit ilmu tambahan pada orangtua adik asuh tentang bagaimana mendidik anak dengan nuansa islami, karena pendidikan pertama dan utama seorang anak itukan dari rumah,” kata Ketua Pelaksana Seminar Parenting M. Andi.


Selain edukasi kepada para orangtua, diberikan juga tausiyah kepada adik asuh tentang berbakti kepada orangtua. Berbagi cerita antara PPBY dan keluarga adik asuh pun menjadi pelengkap acara ini.
Seminar Parenting sendiri merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan oleh PPBY dan diinisiasi oleh Divisi Pembinaan PPBY.

“Ya mudah-mudahan dengan acara ini orangtua adik asuh mendapat pembekalan untuk mendidik dan membimbing anak-anaknya dalam segala aspek kehidupan. Dan tentunya sejalan dengan program PPBY yakni mendidik anak-anak yatim yang kita biayai agar menjadi orang-orang yang berakhlakul karimah dan berintelektual,” ujar Kepala Divisi Pembinaan PPBY M. Rahim.
Hal senada diungkapkan salah satu orangtua adik asuh yang mengapresiasi kegiatan ini. “Terima kasih untuk PPBY, alhamdulillah kita di sini dapat sesuatu yang bermanfaat. Ya harapannya semoga yang PPBY lakukan mendapat berkah dari Allah,” kata salah seorang peserta Yuli.
Kedepannya PPBY akan terus menebar manfaat dalam lingkup sosial dan pendidikan baik itu melalui pemberian beasiswa kepada anak-anak yatim duafa ataupun melalui kegiatan-kegiatan positif lainnya. Tak lupa PPBY mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu seluruh kegiatan PPBY baik dalam bentuk material maupun non-material.

 

 

Ditulis oleh: M Nur Ichwan
Editor: Robby Firliandoko

Foto: Dokumentasi