Percepatan perkembangan teknologi benar-benar merubah tatanan kehidupan manusia di alam semesta ini menjadi semakin maju. Bayangkan saja, sebagai sebuah contoh kecil dimana sebelum era percepatan teknologi pelaksanaan proses belajar mengajar harus melakukan tatap muka dengan konsekuensi jarak, waktu, ataupun hambatan lainnya. Atau sebagai sebuah contoh lain bila kita ingin mengunjungi sebuah tempat yang terpencil dari satu daerah diperlukan kesabaran khusus untuk menanyakan alamat tempat tersebut kepada masyarakat yang terkadang membingungkan. So, hari ini, detik ini, seratus delapan puluh derajat keadaan itu berubah.

Sebagai pelajar kita tidak perlu risau dan gundah untuk mencari ilmu sekalipun berada di kutub utara karena teknologi akan menjadi penyambung sekaligus pengantar ilmu dari guru kepada muridnya, atau bahkan bila kita hendak bepergian ke suatu daerah yang asing di telinga kita maka sejatinya itu bukanlah sebuah hambatan karena bagi teknologi hal tersebut tidak asing baginya. Satu pertanyaan yang lahir dari paparan tadi yaitu, “Seberapa Pentingnya Teknologi Bagi Sebuah Komunitas?”

Dialah FX Budi Widyatmoko, First Influencer Google Crowdsource yang menjadi seseorang pengunyah kenikmatan sebuah kemajuan teknologi di era sekarang. “Teknologi yang ada semisal Google Crowdsources sekarang harus dibikin asik, semuanya lengkap, mudah, semua orang bisa asik berkontribusi” ungkapnya sebagai awalan pembuka diskusi yang dihelat malam itu.

FX Budi Widyatmoko berselancar di media sosial mulanya sebagai sumbangsih atau kepedulian untuk membantu masyarakat agar tidak bingung dengan penjelasan bahasa teknologi di Google. Beliau rajin membantu memverifikasi tentang suatu hal, membantu mengirim gagasan, foto-foto, translate, serta ide lainnya yang akan dikonsumsi masyarakat umum. Alhasil perselancaran seorang FX Budi Widyatmoko tidak hanya berguna bagi masyarakat Indonesia, tapi masyarakat di luar tanah air turut menikmati kontribusi beliau. Hingga untuk beberapa waktu beliau mampu menginisiasikan pertemuan dengan orang-orang di luar negeri lewat media sosial berupa webinar dan sebagainya. “Saya sering buat kegiatan dengan teman-teman di Malaysia, Singapura, Filipina, Jepang, dan Korea untuk membahas sebuah topik menarik lewat media sosial, jadi adanya medsos tuh banyak hal yang bisa di hemat lho”, pungkasnya.

Bagi sebuah komunitas, pemanfaatan teknologi bukanlah syarat mutlak yang harus dimiliki tetapi menjadi tuntutan perkembangan zaman dan akan menjadi sebuah resiko bagi komunitas tersebut jika tidak menyiasatinya. Maraknya berbagai platform teknologi yang ada akan turut membantu sebuah komunitas dalam hal memaparkan gagasannya, menarik perhatian pasar komunitasnya, atau bahkan sekedar membagikan dokumen serta informasi aktual sebuah komunitas itu sendiri. Oleh sebab itu, para pelaku komunitas hendaknya mengenal platform teknologi yang tersedia serta menganalisa manakah yang tepat bagi komunitasnya seperti pernyataan beliau, “Tentukan visi, misi, prinsip, gagasan komunitas lalu cocokkan dengan platform yang ada, misalnya kalo komunitas itu seneng jalan-jalan maka platform Google Maps cocok dengan kebutuhan komunitas tersebut dan lain-lain”, ungkapnya.

Selain itu, sebuah komunitas harus menciptakan dan menjaga suasana keharmonisan di lingkungan komunitas, baik internal maupun eksternal. Komunitas wajib menciptakan suasana yang harmonis di dalam internal komunitasnya serta menebar kebermanfaatan bagi khalayak. Hindari permasalahan yang mengarah kepada konflik semisal adanya sistem strata atau kelas antara senior dengan junior atau adanya diskriminasi terkait primordialisme. “Seniority will kill community, itu ungkapan yang sering saya beritahu kepada komunitas, bahwa adanya senioritas atau strata akan buat komunitas jadi gak asik, makanya internal komunitas itu harus dibikin asik dan menarik. Itu kuncinya.”

Oleh karena itu, Bogor Ngariung sebagai wadah komunitas yang ada di Kota maupun Kabupaten Bogor terus melakukan upaya dalam rangka berikhtiar memajukan komunitas-komunitas yang ada didalamnya salah satunya lewat sharing bersama tokoh penggagas kebaikan seperti FX Budi Widyatmoko. Doakan kami agar konsisten menebar kebaikan dengan aktivitas-aktivitas yang kami lakukan. Semoga Bogor dapat melahirkan banyak komunitas dan juga ribuan manusia penggiat kebaikan agar peradaban manusia terus mengarah pada kemajuan.

credit : pixabay

Penulis : Badrul Kamal
Editor : Fikry Hawali

%d bloggers like this: