Perayaan hari kemerdekaan yang identik dengan perlombaan juga mewarnai Kampung Ceger, Kelurahan Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara pada 17 Agustus 2017.

Alaa, Mahasiswi asal Mesir sedang foto bersama dengan peserta memasukan pensil ke dalam botol

Wabe project merupakan komunitas penggagas berbagai lomba yang diadakan di Kampung Ceger, Wabe Project sendiri adalah komunitas yang dibangun untuk mendaur ulang sampah kemudian menjadi barang yang berguna, kemudian uangnya dimanfaatkan untuk beasiswa anak-anak Kampung Ceger yang masih sekolah dan membutuhkan.

Rangkaian perlombaan di Kampung Ceger tahun ini tampak berbeda, pasalnya tahun ini diramaikan oleh tiga mahasiswa asing yang sedang melaksanakan Program Global Volunteer Summer Exchange AIESEC IPB. Luis dari Meksiko, Alaa dari Mesir dan Min Tanh dari Vietnam merupakan tiga mahasiswa yang sedang mengikuti program pertukaran pelajar ini dan tahun ini AIESEC bekerja sama dengan Wabe Project yang memiliki kegiatan di Kampung Ceger. Fadila, Humas Wabe Project menuturkan, rangkaian kegiatan ini bertujuan menghibur masyarakat dengan berbagai macam lomba dari mulai lomba mewarnai, lomba bendera hingga balap karung. “Kami bekerja sama dengan kawan-kawan dari AIESEC untuk belajar mendaur ulang di sini selama tiga minggu, kemudian berhubung hari ini adalah hari kemerdekaan, kami ajak mereka untuk berpartisipasi di berbagai lomba,” jelas Fadilla.

Alla, Luis dan Min Tanh sedang menjadi peserta lomba memasukan pensil ke dalam botol

 

Tidak hanya dilibatkan menjadi panitia, ketiga mahasiswa tersebut juga disertakan sebagai peserta. Meski kalah saat bermain memasukan pensil ke dalam botol, Min Tanh, mahasiswa asal Vietnam menuturkan senang bisa ikut dalam perlombaan. “This game is so funny, and i will try play this game in my country because i have a program for children there,” jelas Min Tanh.